Camilan Kesukaan Rita Nasiak; Bolu Kombojo




    Rita NaSiak punya makanan cemilan favorit, namanya Bolu Kombojo. Bolu khas Riau, hampir selalu ada di rumahnya setidaknya seminggu sekali. Selain karena Rita menyukainya, Bolu Kombojo juga kerap menjadi buah tangan jika Rita berkunjung ke daerah lain. 
    Bolu khas Riau ini biasa disebut "Kombojo." Rasanya sangat manis dengan aroma khas daun pandan. Bentuknya seperti Bunga Kamboja, berwarna Hijau kecoklatan dengan tekstur sedikit padat namun  terasa lembut dan Gurih. Bahan dasar kue ini adalah tepung terigu, telur, mentega, gula, santan dan daun Pandan sebagai pewarna dan aromanya. Kudapan ini akan sangat nikmat bila dimakan ketika masih hangat atau fresh from the oven. Bolu Kombojo yang juga menjadi salah satu Panganan Oleh-oleh khas Riau ini, masih bisa dinikmati sampai dengan 3-4 hari bila disimpan di dalam kulkas.


    Di setiap acara adat pernikahan atau acara-acara yang berciri khas Melayu kue ini selalu tersedia. Selain Karena bentuknya yang cantik seperti bunga, juga karena rasanya sangat berbeda dari kudapan lainnya, sehingga sangat digemari mulai dari anak-anak sampai orang dewasa.
    Sebetulnya, saat ini bentuk Bolu Kombojo sudah megalami berbagai variasi, ada rasa Orginal Pandan, rasa durian, jagung, keju, Coklat dan sebagainya. Ada yang ukuran besar, cukup untuk dihidangkan untuk beberapa orang, ada juga ukuran sedang dan ukuran Kecil. nah, jadi kalau jalan-jalan ke Riau, sudah tahu ya, harus beli oleh-oleh apa. (Lisya/Rita)

0 Response to "Camilan Kesukaan Rita Nasiak; Bolu Kombojo"