Rita NaSiak Hibur Ratusan WPB Lapas Kelas II B Pasir Pangaraian Dalam Rangka HUT HDKD 2018



      Kegiatan ini merupakan penghargaan dan pengalaman baru bagi Rita NaSiak bisa hadir dan menghibur ratusan Warga Binaan Pemasyarakatan (WPS) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Pasir Pangarian Pekanbaru beberapa waktu lalu.  Peristiw ini bertepatan pula dengan Acara Kementrian Hukum dan HAM Republik Indonesia, yaitu Tasyakuran Hari Dharma Karyadhika (HDKD) 2018. 
     Awal nya Rita sempat menolak Job ini, karena agak sedikit takut dan ini merupakan Job dadakan. Tetapi dengan jaminan keamanan yang disampaikan Kepala Kesatuan Pengamanan ( Ka.KPLP ) Bapak Parlin HS. SH. M.Si.  dan tim, membuat Rita yakin dan tidak berpikir yang macam-macam. Benar saja, sesampainya di Lapas Kelas II B Pasir Pangaraian, Rokan Hulu, Riau, Rita disambut sangat baik oleh semua petugas dan ibu-Ibu Dharma Wanita Lapas Pasir Pangaraian. 
     Kegiatan yang berlangsung dari pagi sampai sore hari ini berjalan sangat meriah. Walau pun sempat terhenti sejenak dikarenakan hujan yang cukup deras.  Namun semangat para warga binaan dan petugas penyelanggara, Para Sipir dan Ibu-Ibu Dharma Wanita, membuat kegiatan ini lancar sampai di akhir acara. 









      Diiringi musik orgen tunggal, Rita NaSiak membawakan beberapa lagu teranyar di tahun ini. Para warga binaan  yang awal nya dibagi menjadi dua antara narapidana wanita dan pria, berjoget berbaur bersama namun tetap terlihat rapi dan masih dalam penjagaan para petugas yang juga tampak sesekali hanyut ikut bergoyang. Hal paling mengesankan adalah, Kalapas Pasir Pangaraian Bapak M. Lukman. A.Md.IP. SH.M.Si Beserta Istri, juga hanyut ikut berjoget bersama dengan Rita dan Para warga binaan. Bahkan sempat beberapa kali, Kepala Lapas Pasir Pangarian ini melantunkan lagu kesayangannya dari Ebid G.AD dan Lagu-lagu dangdut dari Nassar yang membuat suasana semakin pecah dan ramai.  
      Selain hiburan musik, kegiatan HDKD ini juga mengadakan kegiatan turnamen olah raga antar WPB dan pegawai lapas. Bakti sosial dari pegawa lapas PSP untuk memperbaiki sarana panti asuhan ( kamar mandi. Wc dll). Juga meraih juara 1 dan juara umum pada turnamen Futsal memperebutkan piala bergilir Kakanwil. Rita juga turut dinobatkan untuk menyerahkan piala kepada para pemenang. 
Kepala Kesatuan Pengamanan ( Ka.KPLP ) Bapak Parlin HS. SH. M.Si juga menyampaikan kepada Rita. Kegiatan ini dilaksanakan selain peringatan HUT HKDK, juga sebagai ajang mempererat silahturahmi dan hubungan baik dengan Para warga binaan yang memang membutuhkan hiburan juga untuk menghilangkan rasa jenuh selama menjadi warga binaan pemasyarakatan Lapas Pasir Pangaraian. Kegiatan ini adalah sebagai bentuk kedekatan kami dengan warga binaan,” tambahan Pak Parlin. 
       Selama kegiatan berlangsung, sangat terlihat kekompakan antara petugas dan warga binaan. Awalnya Rita beranggapan bahwa Lapas itu adalah tempat untuk menebus kesalahan yang diBuat. Tetapi Rupanya, Lapas ini berfungsi untuk mendidik, mengubah dan membimbing para napi agar setelah lepas nanti menjadi manusia yang lebih baik lagi dari sebelumnya. 
       Pada saat Break acara, Kalapas Pasir Pangaraian Bapak M. Lukman. A.Md.IP. SH.M.Si , bercerita bahwa, "Pihak Lapas selalu menjunjung tinggi rasa kekeluargaan, sehingga dalam hal ini hubungan antara napi dan petugas sangat dekat dan akrab." Pihak Lapas selalu memberikan yang terbaik bagi warga binaannya, supaya selama dalam tahanan mereka selalu ceria dan tidak jenuh dalam menjalani hukuman. Warga binaan juga diberi pelatihan kerajinan tangan, pelatihan salon, pelatihan menjahit hingga kegiatan keagamaan. 
      Dengan motto Senyum, Sapa, Salam, dan Teliti,  Mengamati serta jeli dengan berkinerja Pasti (Profesional, Akuntabel, transparan dan Inovatiff). Hingga Lapas Kelas II B Pasir Pangaraian ini mendapat Gelar  dari Kakanwil sebagai Lapas Yang Humanis dan Religius. 



       Rita merasa bangga bisa menjadi bagian peringatan Hari Dharma Karyadhika (HDKD) 2018 di Lapas ini. Apa lagi di saat pulang pun Rita diberi cendramata sebagai kenang-kenangan karena telah menghibur Warga Binaan Pemasyarakatan (WPS) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Pasir Pangarian. Sampai jumpa di tahun depan teman-teman warga binaan dan juga para petugas sipir Lapas yang sangat luar biasa. (Rita/Lisya)

0 Response to "Rita NaSiak Hibur Ratusan WPB Lapas Kelas II B Pasir Pangaraian Dalam Rangka HUT HDKD 2018"